Kukuh Komandoko Hadiwidjojo, S.H., M.Kn.

Kukuh K. Hadiwidjojo telah berpraktik hukum sejak tahun 1997 di bidang litigasi dan hukum non-litigasi, termasuk menangani kasus di Pengadilan, baik Pengadilan Niaga, Pengadilan Umum, Arbitrase Internasional dan Corporate Actions seperti IPO, Right Issue, restrukturisasi perusahaan, merger-akuisisi dan divestasi saham. Dengan pengetahuannya yang luas, wawasan inovatif dan pendekatan dalam praktik hukum, ia telah berhasil menangani dan mewakili klien dalam banyak kasus dan proyek-proyek strategis.

Selama krisis ekonomi Asia pada tahun 1998, Kukuh telah bekerja untuk Badan Penyehatan Perbankan Nasional (BPPN), yang didirikan untuk memperbaiki sektor perbankan negara. Dalam kapasitas ini, dia terlibat dalam memberikan solusi hukum tentang pengambilalihan dan rekapitalisasi, langkah-langkah pemulihan aset dalam rangka keluar dari krisis.

Dia juga pernah ditunjuk sebagai Penasihat Hukum Khusus untuk Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), yang memiliki tugas menjamin simpanan nasabah perbankan,  merestrukturisasi bank gagal atau melikuidasi bank bermasalah. Dia juga pernah ditunjuk sebagai penasihat hukum oleh USAID untuk terlibat dalam Proyek SEADI (Dukungan untuk Pengembangan Analisis Ekonomi di Indonesia) untuk mempersiapkan rancangan  peraturan lembaga keuangan di bawah Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Dengan pengalaman yang lebih dari 20 tahun, Kukuh saat ini mengkhususkan diri dalam praktik hukum di bidang hukum ekonomi dan bisnis, termasuk investasi, pasar modal, teknologi keuangan, perbankan dan non-perbankan.

Selain berpraktik sebagai Advokat dan Konsultan Hukum Pasar Modal, Kukuh juga sering menjadi narasumber dan pembicara di berbagai seminar dan pelatihan di bidang hukum, termasuk: Hukum Korporasi dan Komersial, Hukum dan Perjanjian Perikatan, Perselisihan Alternatif di Luar Pengadilan, Keluarga Hukum dan Hukum Waris.

Kukuh tergabung dalam Asosiasi Pengacara Indonesia (Peradi) dan Asosiasi Konsultan Hukum Pasar Modal Indonesia. Ia juga seorang dosen di bidang Hukum Bisnis dan saat ini ia ditunjuk sebagai anggota Komite Audit PT Bina Buana Raya, Tbk.
Kukuh K. Hadiwidjojo, S.H., M.Kn.
Partner

Email: kkhadiwidjojo@hwmalaw.com

Sarjana Hukum, Universitas Indonesia, 1997

Magister Kenotariatan, Universitas Indonesia, 2006

Advokat Terdaftar pada PERADI (Perhimpunan Advokat Indonesia)

Konsultan Hukum Pasar Modal Terdaftar pada HKHPM (Himpunan Konsultan Hukum Pasar Modal)

Bahasa Asing: Bahasa Inggris