Home / Berita & Artikel / Peleburan Timah Tolak Masuk Bursa Berjangka

Peleburan Timah Tolak Masuk Bursa Berjangka

Sumber: http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2011/12/15/09525026/Peleburan.Timah.Tolak.Masuk.Bursa.Berjangka

 

Kompas | 15 Desember 2011

 

PANGKAL PINANG, KOMPAS.com -- Sebagian pabrik peleburan timah di Bangka Belitung (Babel) menolak menjual timah melalui Bursa Komoditas dan Derivatif Indonesia (BKDI). Padahal, perdagangan perdana direncanakan mulai Kamis (15/12/2011).
 
Direktur PT Bangka Belitung Timah Sejahtera (BBTS) Johan Murod mengatakan, perusahaannya memastikan tidak ambil bagian di BKDI. BBTS akan tetap memasarkan timah secara konvensional.
 
"Kami punya pembeli-pembeli yang siap menerima produk kami," ungkap Johan, Kamis (15/12/2011) di Pangkal Pinang, Kepulauan Bangka Belitung.
 
Ia mengklaim lebih dari 10 peleburan lain di Babel akan mengikuti langkah BBTS. Pabrik-pabrik itu sepakat menjual ke pelanggan-pelanggan lama. "Kami tidak mau menjual lewat BKDI," ujarnya.
 
Kuasa usaha PT Tin Indo, Dharma Sutomo mengatakan, perusahaannya belum memutuskan akan bergabung atau tidak di BKDI. Salah satu sebabnya adalah mekanisme penjualan belum jelas.
 
"Kami menunggu sampai ada kejelasan mekanisme transaksi di BKDI. Setelah itu kami akan memutuskan langkah selanjutnya," katanya.